Mudah di bawaRudal Panggul M136 AT4 adalah senjata anti Tank ringan US, Senjata portabel ringan yang dapat meluncurkan rudal dengan memanggulnya di bahu kanan, mudah di gunakan, di bawa dan disimpan sehingga dipergunakan oleh semua Pasukan Khusus US dalam menjalankan misi-misi penyerangan terutama dalam menghadapi kenderaan lapis baja seperti Tank. Dapat di pergunakan dengan pandangan malam hari, dan sudah dipergunakan dalam berbagai situasi tempur pada jarak 250 meter.

Meluncurkan Rudal Menuju sasaranRudal Diluncurkan dengan M136 AT4
Dengan pelatihan sederhana kita dapat mengoperasikan Rudal Panggul M136 AT4 untuk menghancurkan target seperti kenderaan lapis baja yang sedang bergerak maupun dalam keadaan statis.
Peluncur Rudal Panggul M136 AT4Peluncur Rudal Panggul M136 AT4
Ada empat hal dasar yang harus dikuasai untuk dapat mengoperasikan rudal panggul tersebut antara lain :
1. Posisi Menembak
2. Prosedur Penggunaan
3. Kontrol Napas dan
4. Menarik Picu

Posisi Menembak

Adalah cara memegang peluncur rudal, sehingga diperoleh posisi yang paling tepat dan stabil sehingga kita dapat mengintai dengan aman dan mampu bertahan beberapa waktu dalam posisi yang di butuhkan mulai saat pengintaian hingga menarik picu atau peluncuran rudal. Menjaga posisi yang tepat sehingga tidak terjatuh kebelakang pada saat rudal meluncur dan memberikan dorongan kuat kebelakang. Tangan kiri memegang tuas bawah sementara tangan kanan memegang picu.
Posisi Menembak Dengan Peluncur RudalPosisi Menembak

Prosedur Penggunaan

Ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu cara mengintai yang benar dan penempatan objek yang benar sehingga penggabungan dua hal tersebut akan menjadi faktor ketepatan dalam mengarahkan rudal pada target yang ditentukan. Demiukian juga dengan faktor keamanan untuk mencegah cedera dengan menempatkam mata 2,5 sampai 3 inci dari sisi belakang pisir untuk mencegah dorongan kebelakang pada saat rudal diluncurkan.
Bentuk Penampakan pada saat pengintaian
Yaitu lingkaran yang ada di depan mata (pisir) dipadukan dengan pejera setengah lingkaran (di ujung Peluncur) sehingga membentuk setengah lingkaran tembus pandang dan setengah lingkaran bawah tertutup.

Penampang Pisir dan Pejera yang di luruskan

Target Diam atau Mengarah tegak lurus pada Penembak
Untuk target tidak bergerak atau bergerak dengan arah menuju penembak titik tengah pengintaian dapat diarahkan langsung di tengah objek sasaran seperti dalam gambar.
Target Diam atau bergerak menuju Penembak
Target Diam atau Mengarah Pada Penembak
Target Bergerak Lambat
Kenderaan yang sedang bergerak lambat diperkirakan dengan kecepatan 10 mill perjam atau lebih sedikit dengan arah pandangan miring. Target yang di incar adalah bagian depan dari kenderaan, sehingga pada saat Rudal mencapai permukaan objek di perkirakan sudah berada di tengah-tengah kenderaan.

Target Bergerak Lambat

Target Bergerak cepat.
Pergerakan kenderaan yang bergerak cepat diperkirakan memiliki kecepatan lebih dari 10 mill per jam. Target yang diincar adalah beberapa meter di depan kenderaan yang diincar. Sehingga perkiraan pada saat Rudal mencapai posisi yang di harapkan sudah berada pada titik tengah permukaan target.
Target Bergerak Cepat

Kontrol Napas

Tanpa kontrol napas yang baik tidak akan diperoleh ketepatan dalam penghancuran sasaran yang di harapkan. Bernafas beberapa kali yang mendalam sebelum satu tarikan napas panjang akan memperkuat konsentrasi dalam mempertahankan posisi paling tepat pada saat picu di tarik.

Kontrol Napas

Menarik Picu

Pada saat yang bersamaan ada tiga hal yang dilaksanakan yaitu meluruskan antara pisir dan pejera, menempatkan objek pada sasaran yang tepat dan menarik picu pada saat objek terkunci pada sasaran. Sementara kita hanya dapat berkonsentrasi pada satu objek pada satu waktu. Untuk itu perlu adanya kemampuan memelihara kebiasaan dalam memperkirakan kelurusan antara pisir dan pejera, menempatkan objek dan konsentrasi terakhir menarik picu pada jarak, kondisi dan waktu yang tepat. 
Iklan