46 DISPENAU (18/2),- TNI Angkatan Udara beberapa lalu menerima tiga pesawat Sukhoi SU-30 MK2 beserta suku cadang dan peralatan pendukungnya untuk melengkapi menjadi sepuluh pesawat yang ditempatkan di Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Demikian sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Subandrio pada apel 17-an yang disampaikan oleh Asisten Perencanaan (Asrena) Kasau Marsda TNI Erry Biatmoko di Lapangan Apel Mebesau Cilangkap, Selasa (17/2). Dikatakan, tiga unit Sukhoi SU-27 SKM direncanakan akan dikirim ke Indonesia pada akhir 2009 sebanyak dua unit dan satu unit awal 2010 mendatang.

Dengan hadirnya tiga pesawat Sukhoi tersebut, tentunya akan menambah jumlah pesawat tempur yang dimiliki TNI Angkatan Udara saat ini. Sejalan dengan situasi keuangan negara yang semakin membaik serta upaya maksimal dari institusi terkait, optimis tiga Sukhoi SU-27 SKM akan tepat tiba di Indonesia pada akhir 2009 dan awal 2010 mendatang.

Dijelaskan Kasau, upaya peningkatan kesiapan operasional Angkatan Udara difokuskan pada tercapainya kemampuan yang optimal dari satuan-satuan TNI Angkatan Udara serta pemantapan lembaga pendidikan. Dengan demikian satuan operasional dan lembaga pendidikan sebagai ujung tombak, karena kesiapan operasional dan tuntutan kualitas SDM TNI Angkatan Udara merupakan faktor yang menentukan dalam pelaksanaan tugas.

Terkait netralitas TNI, khususnya TNI Angkatan Udara senantiasa menghormati dan memegang teguh komitmen netralitas yang telah disepakati para pimpinan TNIangan sekali-kali dicederai atau dinodai karena netralitas TNI tersebut merupakan cermin konsekwennya TNI dalam menjaga keutuhan bangsa dan NKRI.

Selain itu dalam mengamankan kebijakan pimpinan TNI tentang netralitas TNI dalam pemilu, setiap Komandan diharapkan melakukan sosialisasi dan pengawasan melekat terhadap personel di jajarannya, sehingga setiap anggota memahami, mengerti dan tidak melanggar serta melaksanakan kebijakan yang telah diputuskan pimpinan TNI, jelasnya(sumber).