North Korea-nuclear-testingMenurut Pakar militer Rusia, uji nuklir yang di lakukan oleh Korea Utara berkekuatan sekitar 20 kilo ton. Satu kilo ton setara dengan 1000 ton bahan peledak TNT -tri nitro toluena, 1000 ton TNT setara dengan kekuatan bom atom yang dijatuhkan Tentara Sekutu di Nagasaki, Jepang pada akhir Perang Dunia II Agustus 1945. Ini berarti, bom nuklir yang diuji Korea Utara memiliki kekuatan sebesar 20 kali bom atom yang di jatuhkan di Nagasaki.

Akibat Bom Atom di Nagasaki

Bom Atom yang di jatuhkan di Nagasaki memakan korban 75 000 orang mati seketika dari 250 000 orang penduduk kota Nagasaki. Penderitaan rakyat Hiroshima tak berhenti di situ saja, namun disusul 100.000 jiwa yang tewas dalam kurun waktu setahun. Dan menyisakan puluhan ribu manusia cacat, luka bakar dan penyakit-penyakit lain akibat radiasi nuklir. Seperti leukimia dan penyakit kanker lainnya, mengalami perubahan genetik, kulitnya menjadi keloid, maupun yang menderita secara psikis. Dampak radioaktif, diperkirakan mencapai radius 20 km dari pusat ledakan.namun hingga saat ini masih banyak korban bom atom yang masih hidup dalam penderitaan panjang yang di sebut Hibakusa.

nagasaki before and after Nuklir Bom

Dampak Bom Nuklir sebelum dan sesudah di Bom

Dampak Bom Nuklir

Di permukaan ia akan : memusnahkan semua benda di muka tanah, mencemari dalam jangka panjang, awan radioaktif menjangkau kawasan luas.
Di bawah tanah : energi ledakan akan diserap, merusak struktur tanah, kebocoran radiasi, pencemaran jangka panjang.
Di bawah laut : ledakan gelombang merusak struktur dasar laut, pencemaran jangka panjang.
Di atmosfer : gelombang elektromagnetik merusak sistem elektronik satelit dan ionosfer Bumi, silaunya cahaya merusak retina mata.

hiroshima_and_nagasaki_victims_nuclear_bombing

Uji Coba Nuklir

Walaupun sudah mengetahui betapa dahsyatnya akibat bom nuklir yang di jatuhkan di Hirosima dan Nagasaki. Namun Korea Utara tampaknya bersikukuh untuk melanjutkan percobaannya. Uji coba yang pertama dilakukan kurang berhasil pada 9 Oktober 2006. yang dilaksanakan di sebuah terowongan gunung di pantai timur wilayahnya. Tak pelak Ledakan ini menimbulkan gempa berkekuatan 4,2 Mb (body wave magnitude). Uji coba ini langsung diprotes banyak negara, terutama negara tetangga terdekatnya Korea Selatan dan Jepang.

Namun kelihatannya Korea Utara sudah kebal protes, Uji coba dilaksanakan lagi pada 25 Mei 2009 pukul 07.54 WIB. Tapi kali ini ditanam sedalam 300 m dibawah permukaan tanah. Ledakan dahsyat kembali menggetar dan hasilnya gempa berkekuatan 4.7 Mb (body wave magnitude)menjalar di permukaan tanah. Kali ini Dewan Keamanan PBB sudah mempersiapkan sanksi baru untuk Korea Utara.

Instalasi Nuklir Korea Utara

Instalasi Nuklir Korea Utara

Pengaruh Partai Komunis China

 

Sejak PKC mengambil alih China tahun 1949, berbagai krisis terjadi, sehingga semakin banyak yang menentang kediktatoran PKC. Di Tibet, pemerintah melakukan pembantaian untuk memegang kendali. Dalam keadaan seperti ini, Korea Utara hanyalah menjadi salah satu dari beberapa buah catur yang dapat dikendalikan PKC.Cai Yongmei, editor Majalah ‘Open’ yang terbit di Hong Kong, mengatakan bahwa China mendukung Korea Utara dengan dua pertimbangan: pertama, untuk mempertahankan Komunis bangsa lain, dan kedua, menggunakan Korea Utara sebagai senjata untuk mengancam komunitas internasional – kususnya Amerika Serikat.

Angkatan Bersenjata Korea Utara

Bagaimanapun Nuklir adalah sebilah pedang dahsyat bermata dua, siapa yang menghunus dan memegang pedang tersebut. Haruslah memiliki kemampuan dalam pengendalian nafsu amarah. Tanpa kemampuan tersebut akibatnya seluruh manusia akan menjadi korban senjata yang diciptakannnya sendiri.